Pengolahan Air dan Limbah Cair untuk Operator WTP dan WWTP

WM – 03

PENGANTAR

Dalam perusahaan yang dimaksud dengan limbah cair adalah air limbah yang berasal dari kegiatan perusahaan dan tidak termasuk air limbah domestik dan air hujan. Pengolahan limbah cair industri merupakan salah satu unit yang amat vital bagi perusahaan (manufaktur, tambang, migas, perkebunan & agribisnis, rumah sakit, hotel, dll). Output pengolahan limbah cair yang memenuhi baku mutu akan menghindari masalah hukum, keluhan dari lingkungan dan meningkatkan citra perusahaan. Sebaliknya, pencemaran yang ditimbulkan oleh limbah cair dapat mendatangkan sanksi hukum baik administrasi, pidana maupun perdata terhadap perusahaan. Kadangkala masyarakat dapat bertindak sendiri untuk menghentikan operasi perusahaan.

Secara teknis dan operasional, unit pengolahan limbah cair merupakan sebuah sistem produksi yang mahal, kompleks dan rumit  , kadang jauh lebih kompleks dari sistem produksi lain yang ada di perusahaan karena:

  1. Melibatkan karakteristik input yang fluktuatif (baik kuantitas maupun kualitas).
  2. Keterbatasan proses karena peralatan dan rentang fleksibilitas yang terbatas.
  3. Tuntutan ouput yang standar yaitu untuk memenuhi baku mutu limbah cair.

Unit pengolahan limbah cair seyogyanya dioperasikan oleh sumberdaya manusia (SDM) yang dibekali dengan pengetahuan dan kompetensi yang memadai. Hal ini menjadi faktor utama output pengolahan limbah cair dapat  memenuhi baku mutu limbah/lingkungan secara konsisten sepanjang waktu dengan biaya pengolahan yang efisien.

Untuk itu diperlukan SDM yang mengerti sistem pengolahan limbah sehingga dapat mengoperasikan dan mengatasi permasalahan yang timbul serta mampu melakukan modifikasi bila terjadi perubahan kualitas atau kuantitas limbah yang masuk ke sistem pengolahan. SDM yang mengerti sistem pengolahan limbah cair akan mampu mengoperasikan dan mengatasi permasalahan yang timbul serta mampu melakukan modifikasi proses bila terjadi perubahan kualitas atau kuantitas limbah cair yang masuk ke pengolahan.

TUJUAN PELATIHAN
Pelatihan ini didesain untuk memenuhi kompetensi sebagai berikut:

  • Peserta pelatihan memahami secara teknis unit proses yang ada dalam sistem pengolahan limbah cair industri.
  • Peserta pelatihan mengenali berbagai alternatif teknologi pengolahan limbah cair perusahaan.
  • Peserta pelatihan mampu menangani berbagai permasalahan yang muncul dalam sistem pengolahan limbah dan mengetahui cara-cara mengatasinya.

MATERI PELATIHAN

  • Sistem dan Gambaran Umum Pengolahan Air Limbah untuk Industri (Tujuan pengolahan air limbah, segregasi air limbah, jenis pengolahan air limbah)
  • Karakteristik Air Limbah Industri dan Regulasi Terkait (Karakteristik fisik, kimia, dan biologi, kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi terkait pengolahan air limbah perusahaan sesuai dengan peraturan perundangan)
  • Ekualisasi Limbah (Tujuan ekualisasi, skema bak ekualisasi, penentuan dimensi bak ekualisasi)
  • Koagulasi, Flokulasi, Sedimentasi, dan Oil Separator (Jenis pengadukan, kriteria desain, perhitungan energi pengadukan, jenis-jenis impeller, aspek penting dalam operasi)
  • Aerasi dan Perpindahan Gas, serta Adsorbsi (Pengertian aerasi dan stripping, jenis-jenis aerator, mekanisme adsorbsi, jenis adsorben, faktor penting dalam operasi)
  • Oksidasi, Reduksi, dan Presipitasi (Tipe reaksi oksidasi dan reduksi, jenis-jenis presipitasi, teknologi yang digunakan)
  • Proses Membran (Tujuan proses membran, penerapan proses membran, jenis modul membran)
  • Pengolahan Biologis secara Aerob (Prinsip pengolahan biologis aerobik, istilah-istilah, karakteristik bakteri, faktor penting dalam operasi, jenis-jenis pengolahan)
  • Pengolahan Biologis secara Anaerob (Prinsip pengolahan biologis anaerobik, tujuan pengolahan secara anaerobik, mekanisme anaerobik constraint dalam proses)
  • Pengelolaan dan Pengolahan Lumpur (Jenis lumpur, diagram pengolahan lumpur, proses pengolahan lumpur, pembuangan akhir lumpur)
  • Field Trip (Kunjungan Lapangan)

METODE PELATIHAN
Presentasi
Diskusi
Latihan
Kunjungan Lapangan

Biaya: 6.900.000

PELAKSANAAN
Bandung, 27 Februari – 1 Maret di Park Hotel / Ibis Braga Hotel
Cikarang, 8 – 10 Mei 2017 di Fave Hotel / Jababeka Education Park
Jakarta, 24 – 26 Juli 2017 di Gedung Menara Hijau
Cikarang, 18 – 20 September 2017 di Fave Hotel / Jababeka Education Park
Bandung, 13 – 15 November 2017 di Park Hotel / Ibis Braga Hotel

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Hubungi :

    Eni Endri Yeni | Senior Marketing Partner | PT Benefita Indonesia
    HP: 0813 10138048 | Email: eniendriyeni@benefita.com
    Website : http://www.pelatihanlingkungan.com | http://www.trainingproper.com | http://www.limbahb3.com

PT. BENEFITA INDONESIA PROVIDER TRAINING ENVIRONMENT TERBESAR & TERLENGKAP Se-INDONESIA (Since 1 April 1998)

Pendaftaran Pelatihan

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>